JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Peran Orang Tua dalam Menerapkan Kemampuan Literasi Kesehatan Anak Usia Dini pada Pandemi Covid-19 Dilingkungan RT.04 RW.26 Pekayon Jaya Bekasi Selatan

Siti Reista Asih Apriliani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi)
Fitria Budi Utami (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peran orang tua dalam menerapkan kemampuan literasi kesehatan pada anak usia dini di masa pandemi Covid-19. Terdapat 2 (dua) subfokus yang dikaji yaitu pemahaman orang tua terhadap pandemi covid-19 dan peran orang tua dalam menerapkan literasi kesehatan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study). Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Informan disini yaitu orang tua yang memiliki anak berusia 4-5 tahun dilingkungan Rt. 04 Rw. 26 Pekayon jaya, Bekasi Selatan. Hasil penelitian di lapangan bahwa orang tua sudah memiliki kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya menerapkan kemampuan literasi kesehatan anak usia dini di lingkungan sehari-hari selama masa pandemi covid-19. Seluruh responden menyadari pentingnya penerapan literasi kesehatan pada anak usia dini dengan menerapkan berbagai kebiasaan hidup sehat. Peran orang tua dalam menerapkan literasi kesehatan anak usia dini pada masa pandemi covid-19 berada ditingkat tinggi dimana kemampuan orang tua dalam menyaring suatu informasi literasi kesehatan diterima dengan baik dan disampaikan kembali kepada orang terdekat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...