Customer retention merupakan bentuk loyalitas yang berhubungan dengan perilaku (behavioural loyalty) yang diukur berdasarkan perilaku beli konsumen yang ditunjukkan dengan tingginya frekuensi konsumen membeli suatu produk. Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Customer retention antara lain kepercayaan, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan terhadap customer retention pada Laundry Kiloan Abianbase Mengwi.Penelitian yang dilakukan pada Laundry Kiloan Abianbase yang beralamat di Jln. Raya Abianbase, Gg Lipah, Kapal, Mengwi, Badung, Bali. Objek penelitian pada penelitian ini adalah mengukur Customer Retention (Y) sebagai akibat dari kepercayaan (X1), kualitas pelayanan (X2) dan kepuasan pelanggan (X3). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah datang dan menggunakan jasa Laundry Kiloan Abianbase. Sampel yang ditentukan dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling. jumlah sampel yang diambil adalah 5 x 20 yaitu sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukan retention pada Laundry Kiloan Abianbase Mengwi. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer retention pada Laundry Kiloan Abianbase MengwiKepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer retention pada Laundry Kiloan Abianbase Mengwi.
Copyrights © 2022