cover
Contact Name
I Made Surya Prayoga
Contact Email
prayogamade@unmas.ac.id
Phone
+6285935095000
Journal Mail Official
jurnal.emas@unmas.ac.id
Editorial Address
Jalan Kamboja No.11 A, Denpasar-Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
EMAS
ISSN : -     EISSN : 27743020     DOI : -
MAS merupakan jurnal ilmiah untuk ilmu ekonomi, manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar E-ISSN : 2774 - 3020. Jurnal ini sebagai sarana publikasi hasil penelitian Dosen dan mahasiswa S1 dalam meningkatkan mutu penelitian perguruan tinggi. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasi sebelumnya berupa artikel yang merupakan hasil penelitian. artikel berkaitan dengan Ilmu Manajemen dan Bisnis. Penerbitan jurnal ini dilakukan setiap bulannya selama setahun.
Articles 552 Documents
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL PURI SEBALI UBUD GIANYAR I Kadek Tisna Muliantika; Agus Wahyudi Salasa Gama; Ni Putu Yeni Astiti
EMAS Vol. 1 No. 1 (2020): EMAS
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingkat Pendidikan dan kompetensi sangat berkaitan langsung dengan kinerja karyawan. Tingkat Pendidikan yang dimiliki oleh karyawan dapat menurunkan ataupun meningkatkan kinerja karyawan, begitupula halnya dengan kompetensi karyawan. Karyawan yang memiliki tingkat Pendidikan dan kompetensi yang tinggi akan termotivasi untuk memiliki semangat kerja sehingga akan berdampak pada meningkatnya kinerja perusahaan secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah : untuk menguji tingkat Pendidikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar dan untuk menguji kompetensi terhadap kinerja karyawan pada Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar. Penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu dengan memberikan kuesioner seluruh populasi yang berjumlah 47 orang. Dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas uji reliabilitas, analisis statistik deskritif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji kelayakan model, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukan Tingkat Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar. Hal ini memiliki arti jika tingkat Pendidikan meningkat maka kinerja karyawan Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar mengalami peningkatan. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar. Hal ini memiliki arti jika kompetensi meningkat maka kinerja karyawan Hotel Puri Sebali Ubud Gianyar mengalami peningkatan.
PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Ni Kadek Dwi Pebriyanti; I Wayan Sukadana; I Wayan Widnyana
EMAS Vol. 1 No. 1 (2020): EMAS
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Struktur modal merupakan perimbangan atau perbandingan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri, dimana struktur modal merupakan bagian dari struktur keuangan. Adanya faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal menjadi hal yang penting sebagai dasar dalam penentuan komposisi struktur modal optimal perusahaan. Struktur modal dapat dipengaruhi beberapa faktor diantaranya yaitu stabilitas penjualan, struktur aktiva, operating leverage, tingkat pertumbuhan, profitabilitas, pajak, pengendalian, sikap manajemen, sikap pemberi pinjaman dan penilai kredibilitas, kondisi pasar, kondisi internal perusahaan dan fleksibilitas keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, struktur aktiva dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 67 perusahaan, dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel profitabilitas, struktur aktiva dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Secara parsial variabel profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal dengan nilai signifikansi 0,016. Variabel struktur aktiva tidak berpengaruh terhadap struktur modal yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,250. Sedangkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal dengan nilai signifikansi 0,007.
PENGARUH SUASANA TOKO, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKIO BARBERSHOP Ni Kadek Dian Winda Sari; Ni Wayan Eka Mitariani; I Gusti Ayu Imbayani
EMAS Vol. 1 No. 1 (2020): EMAS
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keputusan Pembelian adalah perilaku pengambilan keputusan oleh konsumen untuk melakukan pembelian produk atau jasa diawali dengan adanya kesadaran atas pemenuhan kebutuhan atau keinginan dan menyadari adanya masalah selanjutnya, maka konsumen akan melakukan beberapa tahap yang pada akhirnya sampai pada tahap evaluasi pasca pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana toko, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan pelanggan Tokio Barbershop. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Suasana Toko berpengaruh positif terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan sebesar (0,030<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Promosi berpengaruh positif terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan (0,001<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Lokasi berpengaruh positif terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan sebesar (0,005<0,05. Saran peneliti bagi perusahaan yaitu agar memberikan promosi dengan waktu yang lebih panjang sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat menambahkan faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian seperti : persepsi harga, kepuasan pengunjung dan kualitas pelayanan
PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA INTERNET DI GALLERY SMARTFREN DENPASAR Bayu rifa’I; Ni Wayan Eka Mitariani; I Gusti Ayu Imbayani
EMAS Vol. 1 No. 1 (2020): EMAS
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian pada pelanggan di Gallery Smartfren jalan pulau kawe no.03 denpasar. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya peningkatan penjualan yang terjadi selama 1 tahun terakhir pada tahun 2017-2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian dengan nilai signifikan sebesar (0,010<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian dengan nilai signifikan (0,003<0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel promosi berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pemebelian dengan nilai signifikan (0,000<0,05). Saran peneliti bagi perusahaan yaitu perusahaan harus meningkatkan promosi dan terus mengawasi persaingan harga yang ada dan tetap memberikan harga spesial bagi konsumen. Saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat memperbaiki keterbatasan yang ada dalam penelitian ini, memperbanyak jumlah sampel dan mengembangkan penelitian dengan meneliti variabel lain diluar variabel pada penelitian ini
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, DISKON, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA P.T. RAMAYANA LESTARI SENTOSA TBK. DENPASAR Andreano Henggrawan; Anak Agung Putu Agung; Ni Putu Nita Anggraini
EMAS Vol. 1 No. 1 (2020): EMAS
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mempertahankan konsumen sekarang ini merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan ataupun bisnis yang sedang berjalan, dikarenakan sekarang ini lebih sulit untuk mencari konsumen baru dibandingkan untuk mempertahankan konsumen lama yang lebih menguntungkan perusahaan. Oleh sebab itu, peranan loyalitas konsumen sekarang ini sangatlah penting dan sedang gencar dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang ada. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen dari pusat perbelanjaan milik P.T. Ramayana Lestari Sentosa TBK. di Denpasar, untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing - masing variabel digunakan metode Quota Sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsiklasik, uji hipotesis lewat analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa cutomer relationship management (CRM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, Maka sebaiknya perusahaan memberikan arahan kepada pegawai perihal sistem cutomer relationship management (CRM) yang diterapkan sehingga dapat meningkatkan loyalitas konsumen pada P.T. Ramayana Lestari Sentosa TBK. di Denpasar.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN ALFAMART DI JALAN TANGKUBAN PERAHU, KEROBOKAN BADUNG Ma’ruf Hidayat; Ni Wayan Eka Mitariani; I Gusti Ayu Imbayani
EMAS Vol. 1 No. 1 (2020): EMAS
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamart di jalan Tangkuban Perahu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya peningkatan penjualan yang terjadi selama 1 tahun terakhir pada tahun 2017-2018. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuisioner dengan populasi yaitu pelanggan Alfamart di jalan Tangkuban Perahu sebanyak 100 orang yang dengan sendirinya semua pelanggan digunakan sebagai sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan metode Quota Sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Maka sebaiknya perusahaan memberikan arahan kepada karyawan perihal kualitas pelayanan, mengawasi persaingan harga, dan memberikan promosi-promosi yang lebih menarik sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian pada Alfamart di Jalan Tangkuban Perahu, Kerobokan Badung.
PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY, DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2018 Yemima Youriza; Agus Wahyudi Salasa Gama; Ni Putu Yeni Astiti
EMAS Vol. 1 No. 1 (2020): EMAS
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penting bagi investor untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan dan pengaruhnya terhadap harga saham, meningat harga saham mencerminkan nilai dari suatu perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan dapat dicerminkan dari rasio keuangan perusahaan. Semakin baik kinerja keuangan perusahaan akan berdampak baik bagi perusahaan dikarenakan ekspetasi investor semakin tinggi untuk berinvestasi atau membeli saham yang mengakibatkan harga saham cenderung akan meningkat dan begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh variabel Debt To Equity Ratio, Return On Equity, dan Return On Assets terhadap harga saham. Sampel dalam penelitian ini adalah 7 perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2014-2018. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Debt To Equity Ratio dan Return On Assets tidak berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan variabel Return On Equity berpengaruh positif terhadap harga saham. Berdasarkan hasil uji kelayakan model uji F menunjukkan bahwa variabel Debt To Equity Ratio, Return On Equity, dan Return On Assets terhadap harga saham dinyatakan layak digunakan dalam penelitian ini.
PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), EFISIENSI OPERASIONAL (BOPO), RISIKO BISNIS, DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017) Ni Kadek Nita Diantini; I Gst. Ngr. Bagus Gunadi; I Wayan Suarjana
EMAS Vol. 1 No. 1 (2020): EMAS
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan terpenting dan sangat mempengaruhi perekonomian baik secara mikro maupun secara makro. Kondisi perbankan saat ini mendorong pihak-pihak yang terlibat didalamnya untuk melakukan penilaian atas kesehatan bank. Salah satu pihak yang perlu mengetahui kinerja dari sebuah bank adalah investor sebab semakin baik kinerja bank tersebut maka jaminan keamanan atas dana yang diinvestasikan juga semakin besar. Kinerja perbankan dapat diukur dengan menggunakan rata-rata tingkat bunga pinjaman, rata-rata tingkat bunga simpanan, dan profitabilitas perbankan. Beberapa faktor yang bepengaruh terhadap kinerja bank adalah Capital Adequacy Ratio (CAR), efisiensi operasional (BOPO), Risiko Bisnis, dan Loan Deposit Ratio (LDR). Capital Adequacy Ratio (CAR) merupakan rasio keuangan yang berkaitan dengan permodalan perbankan dimana besarnya modal suatu bank akan berpengaruh pada mampu atau tidaknya suatu bank secara efisien menjalankan kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Efisiensi Operasional (BOPO), risiko bisnis, dan Loan To Deposit Ratio (LDR) terhadap besarnya kinerja keuangan (ROA) perusahaan perbankan di Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2015-2017 yang berjumlah 42 perusahaan. Dengan metode penentuan sampel purposive sampling maka sampel yang digunakan sebanyak 31 perusahaan dengan 93 data laporan keuangan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan (ROA) pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Efisiensi Operasional (BOPO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan (ROA) pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Risiko Bisnis (Risk) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan (ROA) pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan (ROA) pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN AMATARA ROYAL GANESHA HOTEL Ni Made Puspani; I Wayan Mendra; I Gede Rihayana
EMAS Vol. 1 No. 1 (2020): EMAS
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Amatara Royal Ganesha Hotel is a company engaged in the field of accommodation services (Hospitality). This company prioritizes the company's image in order to survive, compete, and dominate the market share of users of tourism services, so that the company can grow and develop properly. Company image obtained by Amatara Royal Ganesha Hotel is the result of customer satisfaction appointed by employees given to customers and customer loyalty offered by the company to customers in order to fulfill their hopes and desires. This research was conducted to discuss the effect of company image and customer satisfaction on customer loyalty at Amatara Royal Ganesha. The sample in this study were 96 respondents. Determination of the sample using a simple random method. The analytical tool used is multiple linear regression analysis. The results showed that there was a positive influence on the company's image, customer satisfaction on customer loyalty.
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN DIKLAT TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. SINARARTHA BALI MONEY CHANGER DI KABUPATEN BADUNG Ni Nyoman Sarminingsih; I Gede Gama; Gde Bayu Surya Parwita
EMAS Vol. 1 No. 1 (2020): EMAS
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi dipengaruhi oleh kinerja (job performance) dari karyawan, agar dapat tercapainya target perusahaan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah pengembangan karir dan diklat yang diikuti karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir dan diklat terhadap kinerja karyawan PT. Sinarartha Bali Money Changer Di Kabupaten Badung.. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang karyawan di PT. Sinarartha Bali Money Change. Penentuan sampel menggunakan metode sensus. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawa. Variabel diklat juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel pengembangan karir dan diklat berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja karyawan PT. Sinarartha Bali Money Changer Di Kabupaten Badung

Page 1 of 56 | Total Record : 552