KENDURI
Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus

Penguatan Literasi Melalui Cerpen Dan Dongeng

Abdul Kharis (Universitas Pamulang)
Ajie Permana (Universitas Pamulang)
Evi Sensa Purba (Universitas Pamulang)
Rara Yalien Fuadah (Universitas Pamulang)
Sindi Sri Angraeni (Universitas Pamulang)
Aryani Aryani (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Masyarakat Indonesia memiliki tingkat literasi yang masih rendah jika dibandingkan dengan negara maju. Rendahnya indeks tersebut diduga disebabkan oleh rendahnya minat baca sehingga menyebabkan pemerolehan dan pengolahan informasi menjadi tidak maksimal. Tujuan kegiatan ini untuk menanamkan kegemaran membaca dan kemampuan menge-luarkan pendapat kepada anak-anak. Fokus sasaran program ini adalah anak-anak usia Sekolah Dasar, berupa penyampaian materi berupa dongeng. Metode pengajaran yang dilakukan adalah metode Discovery Learning, yaitu membimbing peserta untuk menemukan jawaban persioalan secara mandiri. Rangkaian kegiatan mengajar meliputi: 1) menyampaikan dongeng secara lisan, 2) membaca cerita dengan seksama, 3) memberikan kesempatan kepada anak-anak dalam mengeluarkan pendapat berdasarkan informasi berupa cerita yang mereka simak dan mereka baca. Pendapat-pendapat tersebut merupakan refleksi berupa pengalaman spiritual, pengalaman etis, pengalaman emosi, pengalaman sosial, dan pengalaman empati. Anak-anak mendapatkan pelatihan untuk kemampuan bernalar meli-puti kemampuan analisa, sintesa, dan kemampuan evaluasi informasi. Maka hasil yang dicapai dari PKM ini adalah peningkatan kemampuan literasi yang meliputi: membaca, menganalisa, mengolah informasi, dan mengeluarkan pendapat

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kenduri

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

The journal includes, but is not limited to the following fields: Teaching & Learning in Science Education Material Learning in Science Education Learning Media/Multimedia in Science Education Evaluation & Assessment in Science Education Higher Order Thinking Skills in Science Education Science, ...