Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol. 5 No. 6 (2023): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 

Pengaruh Celebrity Endorsement Bintang Emon dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention melalui Brand Trust Pada Smartphone Samsung: Studi Kasus pada Konsumen Smartphone Samsung di Kota Yogyakarta

Pramestyi Utami (Unknown)
IBN Udayana (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Nonik Kusuma Ningrum (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Industri 4.0 berasal dari gagasan Revolusi Industri Keempat revolusi industri terjadi empat kali. Revolusi industri 4.0 telah merubah banyak hal misalnya cara kita berkomunikasi. Saat ini kita dapat berkomunikasi dengan mudah melalui smartphone. Berdasarkan pembahasan diatas tujuan dari penelitian adalah menguji pengaruh purchase intention, celebrity endorsement, social media marketing dan brand trust sebagai variabel intervening. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengambil 100 sampel pada konsumen produk smartphone Samsung di Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode non-probabilitas dan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan cara pengiriman link kuesioner kepada responden. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel celebrity endorsement (X1) berpengaruh signifikan positif terhadap brand trust (Z) dengan nilai 0.000. Kemudian variabel social media marketing (X2) berpengaruh signifikan positif terhadap brand trust (Z) dengan nilai 0.000. Variabel brand trust (Z) berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention (Y) dengan nilai 0.000. Selanjutnya variabel celebrity endorsement (X1) berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention (Y) dengan nilai 0.020. Serta variabel social media marketing (X2) berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention (Y) dengan nilai 0.042. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa brand trust mampu berperan sebagai variabel intervening pengaruh celebrity endorsement dan social media marketing terhadap purchase intention konsumen produk smartphone Samsung di Kota Yogyakarta.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alkharaj

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah is a scientific journal published by Pusat Riset dan Kebijakan Strategis PRKS) of  Institut Agama Islam Nasional (IAI-N) Laa Roiba Bogor in collaboration with Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) and Intelectual Association for Islamic Studies ...