Advances In Social Humanities Research
Vol. 1 No. 2 (2023): ADVANCES in Social Humanities Research

STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI ANALISIS SWOT (STUDI PADA USAHA UMKM GORENGAN DI LOKASI WISATA JUMA BAKAL DESA DOKAN)

Dian Anggreni Br Tarigan (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Palangka Raya)
Dicky Perwira Ompusungu (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
09 May 2023

Abstract

Wisata Juma Bakal yang terletak di Desa Dokan Kecamatan Merek Kabupaten Karo yang terkenal adanya rumah adat siwaluh jabu. Dengan adanya wisata Juma Bakal tersebut menarik banyak pengunjung yang datang sehingga ada pula kegiatan UMKM contohnya seperti usaha gorengan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan alat analisi SWOT terhadap factor internal dan eksternal. Populasi penelitian ini meliputi usaha mikro kecil seperti usaha gorengan. Hasil dari analisis SWOT terhadap UMKM usaha gorengan di Juma Bakal menunjukkan bahwa kekuatan lebih besar dibandingkan dengan kelemahan, sedangkan untuk faktor eksternalnya mendapatkan hasil bahwa peluang lebih kecil dibandingkan dengan ancamannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

vo

Publisher

Subject

Humanities Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Advances In Social Humanities Research is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and humanities fields. The journal is published monthly by Sahabat Publikasi Advances In Social Humanities Research provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall ...