Jurnal ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis yang digunakan oleh Rumah Makan Ayam Wong Solo di Palangka Raya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus sebagai metode penelitian. Data diperoleh melalui wawancara dengan pemilik dan karyawan, serta observasi langsung di rumah makan tersebut.Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT dan setelahnya dilanjut dengan melakukan analisis IFE dan EFE. Hasil analisis menunjukkan bahwa Rumah diimplementasikan, antara lain penggunaan bahan baku berkualitas tinggi, menu yang bervariasi dan disesuaikan dengan selera pelanggan, serta pelayanan yang ramah dan cepat. Selain itu, rumah makan ini juga memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan memperluas jangkauan pasar.Dan disimpulkan strategi yang tepat untuk usaha kuliner Ayam Bakar Wong Solo ini penetrasi pasar,mengembangkan usaha lebih luas lagi,dan mengembangkan produk. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh Rumah Makan Ayam Wong Solo Palangka Raya, seperti persaingan yang ketat dengan restoran serupa, biaya produksi yang tinggi, serta kesulitan dalam mempertahankan kualitas dan konsistensi menu. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk terus memperbaiki dan mengembangkan strategi bisnis yang sudah ada, serta mencari inovasi baru untuk meningkatkan daya saing dan keberhasilan bisnis.
Copyrights © 2023