Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 7, No 2 (2021): Riksa Bahasa Vol. 7 No. 2 November 2021

PENGARUH MEDIATEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR

Subhan Widiansyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Mochamad Naim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Denny Soetrisnaadisendjaja (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Desma Yuliadi Saputra (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2021

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk lebih efektif mencapai tujuan instruksionalnya, guru akan menggunakan media pembelajaran untuk membantunya dalam menyampaikan materi. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, dapat membangkitkan semangat, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran pada diri sendiri. Kesimpulan yang diambil peneliti merupakan menjawab hipotesis penelitian. Adanya pengaruh media teka-teki silang terhadap hasil belajar. Untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak peneliti menggunakan uji T-tes. Hasil uji T-tes menunjukan nilai signya lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap hasil belajar. Sedangkan besar pengaruh media teka-teki silang terhadap hasil belajar sebesar 42%. Untuk mengatahui besar pengaruh penggunan media teka-teki silang terhadap hasil belajar, peneliti menggunakan uji persamaan regresi. Hasil dari pengujian tersebut sebesar 42%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RBSPs

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Riksa Bahasa merupakan jurnal yang mempublikasikan kumpulan artikel hasil penelitian-penelitian dan telaah di bidang bahasa, sastra, tradisi lisan dan pembelajarannya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan ...