Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil perkuliahan Sistem tranasmisi listrik dengan model pembelajaran berbasis masalah di jurusan pendidikan teknik elektro universitas negeri manado. Metode yang digunakan yaitu Quasy eksperimental design. Kemudian rancangan yang dilakukan adalah Pretest-posttest control group design. Setelah dilakukan penelitian dan mendapatkan hasil, maka dapat disimpulkan selama kegiatan proses perkuliahan, ternyata penggunaan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh dalam meningkatkan hasil hasil perkuliahan Sistem tranasmisi listrik mahasiswa dengan perolehan hasil n gain score > dari 0,7 yaitu 0,78 dan n-gain score persenya >0,76. Data yang digunakan dalam penelitian ini berdistribusi normal dan melihat nilai signifikansinya yaitu lebih dari 0,05 sebesar 0,56 dan 0,72. Sebelum diadakan uji asumsi dasar uji soal tes hasil perkuliahan sudah dinyatakan valid dan reliabel dengan tingkat reliabilitas cukup yaitu sebesar 0,52. Hasil ini terbukti dengan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah perkuliahan Sistem tranasmisi listrik akan lebih mudah terserap pengetahuan yang diperoleh mahasiswa.
Copyrights © 2023