Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MORO’O

Yertamina Waruwu (Universitas Nias)
Natalia Kristiani Lase (Universitas Nias)
Novelina Andriani Zega (Universitas Nias)
Agnes Renostini Harefa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Dasar penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh UPTD SMP Negeri 1 Moro'o yang menemukan permasalahan dalam  pembelajaran, penggunaan model pembelajaran yang kurang beragam sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran IPA siswa kelas VIII dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe Think Pairs Share. (2) Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas VIII yang menerapkan model Cooperative Learning Tipe Think Pairs Share. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (CSR). Penelitian ini dilakukan di UPTD SMP Negeri 1 Moro'o. Topik penelitiannya adalah kelas VIII-C semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024, jumlah siswa 27 orang. Alat penelitian yang digunakan: (1) Tempat observasi, (2) Wawancara, (3) Uji hasil kompetensi. Hasil penelitian  diperoleh: Hasil belajar siswa pada mata pelajaran alam sangat baik. Dengan demikian hasil angket siswa pada siklus 1 sebesar 48,51  masih buruk, sedangkan tingkat ketuntasan sebesar 37,03%, pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 80,74 dan nilai memuaskan sebesar 81,48% pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...