Kurangnya perkembangan bahasa pada anak, seperti hal sederhana oleh beberapa anak kurang jelas di usia tersebut. Maka diperlu adanya intervensi lanjutan terhadap anak tersebut, diperlukan stimulus untuk meningkatkan perkembangan bahasa ekspresif pada anak usia 6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk melihat validitas media flashcard CBA perkembangan bahasa ekspresif pada anak melalui media flashcard. Jenis penelitian yang eksperimental-kuasi (Non-randomized pretest-posttest kontrol design), dengan jumlah populasi 16 orang dengan responden penelitian 8 orang kelompok eksperimen dan 8 orang kelompok kontrol. Teknik pengembilan data observasi dan wawancara serta alat ukur perkembangan bahasa. Analisis data melakukan analisis statistik dengan uji paired sampel t-tast. Penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Eksperimen (8 subjek) dan kelompok kontrol (8 subjek) bahwa nilai Sig 0,305 < 0,05 pada kelompok eksperimen, pada kelompok kontrol menunjukkan nilai Sig 0.388 < 0,05 Hasil menunjukkan signifikan antara perkembangan bahasa ekspresif sebelum diberikan (pretest) dan sesudah diberikan (posttest). Dapat disimpulankan dari hasil pretest-posttest terdapat keefektifitasan pada permainan flashcard CBA terhadap perkembangan bahasa pada anak dengan mean pada pretest sebesar 62,25 dan pada posttest sebesar 62,87. Dari hasil tersebut menunjukkan adanya kenaikan sebesar 0,62%.Top of Form
Copyrights © 2023