Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2023 di SMP negeri 7 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan model one group pretest-posttest. Selanjutnya penelitian ini akan dibandingkan dengan sampel uji terkait pada taraf signifikan atau taraf 0,05 (95%). Hasilnya nilai rata-rata pretest = 45,59 dan nilai rata-rata posttest = 83. dari analisis data, hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji âtâ. Dari hasil penelitian diperolehthitung = 15,45 dengan taraf signifikan 0,05 (tingkat kepercayaan 95%) dengan df 31 diperoleh t tabel 2,040. dengan demikian jikathitung > ttabel yaitu (15,45>2,040) maka Ho ditolak, dengan penolakan Ho maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 7 Pematang Siantar lebih baik setelah menggunakan metode Self-directed Learning.
Copyrights © 2023