Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19

Sepni Yanti (Universitas Indraprasta PGRI)
Siti Julaeha (Universitas Indraprasta PGRI)
Nurdeni Nurdeni (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Pandemi COVID-19 telah memicu transformasi mendalam dalam dunia pendidikan, mengarah pada peningkatan signifikan dalam implementasi pembelajaran dalam jaringan (DARING). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran DARING selama masa pandemi, dengan fokus pada berbagai faktor yang mempengaruhi proses ini. Melalui pendekatan studi campuran yang melibatkan survei, wawancara, dan analisis literatur, penelitian ini menyajikan gambaran holistik tentang pengalaman peserta didik dan pendidik dalam menghadapi pembelajaran online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara umum, pembelajaran DARING dianggap efektif, namun, tantangan dan hambatan yang terkait dengan teknologi, metode pengajaran, dan aspek psikososial tetap ada. Teknologi dan infrastruktur yang memadai, keterampilan teknologi yang ditingkatkan, dan dukungan pendidik menjadi kunci dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Variasi metode pengajaran, perhatian pada aspek psikososial, serta keterlibatan dan dukungan orang tua juga menjadi faktor krusial dalam mencapai keberhasilan pembelajaran DARING. Rekomendasi strategis mencakup peningkatan investasi dalam teknologi pendidikan, pelatihan lanjutan untuk pendidik, pengembangan kebijakan yang mendukung pembelajaran DARING, dan perhatian khusus terhadap kesejahteraan psikososial peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan berharga bagi lembaga pendidikan dan pemangku kepentingan dalam merancang dan mengoptimalkan pembelajaran DARING di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...