Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024

IMPLEMENTASI METODE REPETITIVE PADA MATA PELAJARAN MAHFUDZOT KELAS 1B DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA

Muhammad Alfa Satrio (Universitas Muhammadiyah Lampung)
Anggi Septia Nugroho (Universitas Muhammadiyah Lampung)
Arizal Eka Putra (Universitas Muhammadiyah Lampung)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode repetitif pada mata pelajaran Mahfudzot kelas 1B di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda, Lampung Selatan. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa metode repetitif memiliki dampak positif pada pencapaian santri, menciptakan lingkungan pembelajaran terstruktur dan fokus. Meskipun efektif dalam meningkatkan konsentrasi dan kemampuan hafalan, penelitian juga mengidentifikasi hambatan seperti rasa bosan. Faktor pendukung, seperti pemberian soal terkait sebelum pembelajaran, terbukti bermanfaat. Kesimpulannya, implementasi metode repetitif pada Mahfudzot dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat dasar, sementara upaya terus dikembangkan untuk mengatasi kendala dan mempertahankan keterlibatan santri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...