Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024

PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI 7 BELINYU

Ghea Violetta (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
M Iqbal Arrosyad (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
Sisi Pitriyana (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Model pembelajaran bervariatif merupakan cara dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pada kelas V SDN 7 Belinyu model pembelajaran masih menerapkan model pembelajaran konvensional, imbasnya keaktifan siswa didalam kelas kurang memuaskan. Keaktifan ini berkorelasi terhadap hasil belajar siswa kelas V yang terlihat masih belum sepenuhnya mencapai KKM. Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui apakah model NHT berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V SDN 7 Belinyu.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini berbentuk One group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Pelaksanaan penelitian dilakukan dikelas V SDN 7 Belinyu dengan populasi sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan teknik sensus/sampling total. Data diuji menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yang didapatkan sebelum menggunakan model NHT hanya mencapai 55,1. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada saat telah digunakannya model NHT mencapai 83,2 yang menunjukkan nilai berada di atas KKM. Selanjutnya melalui uji normalitas didapatkan hasil nilai pretest 0,00 < 0,05 dan nilai posttest 0,00 < 0,005. Kemudian hasil uji hipotesis didapatkan nilai Sig antara pretest dan posttest berada dinilai 0,00 < 0,05. Berdasarkan uji yang dilakukan semakin menunjukkan bahwa model NHT dinilai dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 7 Belinyu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...