Model pembelajaran bervariatif merupakan cara dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pada kelas V SDN 7 Belinyu model pembelajaran masih menerapkan model pembelajaran konvensional, imbasnya keaktifan siswa didalam kelas kurang memuaskan. Keaktifan ini berkorelasi terhadap hasil belajar siswa kelas V yang terlihat masih belum sepenuhnya mencapai KKM. Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui apakah model NHT berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V SDN 7 Belinyu.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini berbentuk One group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Pelaksanaan penelitian dilakukan dikelas V SDN 7 Belinyu dengan populasi sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan teknik sensus/sampling total. Data diuji menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yang didapatkan sebelum menggunakan model NHT hanya mencapai 55,1. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada saat telah digunakannya model NHT mencapai 83,2 yang menunjukkan nilai berada di atas KKM. Selanjutnya melalui uji normalitas didapatkan hasil nilai pretest 0,00 < 0,05 dan nilai posttest 0,00 < 0,005. Kemudian hasil uji hipotesis didapatkan nilai Sig antara pretest dan posttest berada dinilai 0,00 < 0,05. Berdasarkan uji yang dilakukan semakin menunjukkan bahwa model NHT dinilai dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 7 Belinyu.
Copyrights © 2024