Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei korelasional analisis regresi sederhana. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 67 Jakarta. Adapun populasi terjangkau dalam penelitian ini hanya siswa kelas VII di SMP Negeri 67 Jakarta. Adapun sampel penelitian berjumlah 54 siswa sebagai responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional, angket self regulated learning, dan soal essai kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik perhitungan dari penelitian, diperoleh nilai R=0,4803; KD=23,07%; Y=8,1361+0,35X_1+0,4459X_2; F_hitung=7,65; F_tabel=3,17. Secara keseluruhan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan secara bersama-sama kecerdasan emosional dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Copyrights © 2024