Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 67 JAKARTA

Lambok Simamora (Universitas Indraprasta PGRI)
Ul’fah Hernaeny (Universitas Indraprasta PGRI)
Vanny Fadilla (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei korelasional analisis regresi sederhana. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 67 Jakarta. Adapun populasi terjangkau dalam penelitian ini hanya siswa kelas VII di SMP Negeri 67 Jakarta. Adapun sampel penelitian berjumlah 54 siswa sebagai responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional, angket self regulated learning, dan soal essai kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik perhitungan dari penelitian, diperoleh nilai R=0,4803; KD=23,07%; Y=8,1361+0,35X_1+0,4459X_2; F_hitung=7,65; F_tabel=3,17. Secara keseluruhan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan secara bersama-sama kecerdasan emosional dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...