Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Medan yang berjumlah 30 orang. Setelah pemberian tindakan pada siklus II melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 27 dari 30 siswa (90%) telah mencapai target keberhasilan (?75) sedangkan 3 siswa lainnya (10%) belum mencapai nilai target. Berdasarkan target keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini sudah memenuhi 36,67%. Untuk nilai setiap aspek pemecahan masalah yang diteliti, yaitu pada aspek memahami masalah nilai rata-rata pada siklus I 75,93 meningkat menjadi 89,26, pada aspek merencanakan penyelesaian masalah nilai rata-rata pada siklus I 56,11 meningkat menjadi 71,67, pada aspek menyelesaikan masalah nilai rata-rata pada siklus I 76,94 meningkat menjadi 89,72, dan pada aspek memeriksa kembali nilai rata-rata pada siklus I 45,56 meningkat menjadi 72,22. Nilai rata-rata tes pada siklus I sebesar 69,33 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,22. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Copyrights © 2024