Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII

Erna Tri Dara (Universitas Negeri Medan)
Nurhasanah Siregar (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Medan yang berjumlah 30 orang. Setelah pemberian tindakan pada siklus II melalui pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 27 dari 30 siswa (90%) telah mencapai target keberhasilan (?75) sedangkan 3 siswa lainnya (10%) belum mencapai nilai target. Berdasarkan target keberhasilan klasikal maka persentase keberhasilan ini sudah memenuhi 36,67%. Untuk nilai setiap aspek pemecahan masalah yang diteliti, yaitu pada aspek memahami masalah nilai rata-rata pada siklus I 75,93 meningkat menjadi 89,26, pada aspek merencanakan penyelesaian masalah nilai rata-rata pada siklus I 56,11 meningkat menjadi 71,67, pada aspek menyelesaikan masalah nilai rata-rata pada siklus I 76,94 meningkat menjadi 89,72, dan pada aspek memeriksa kembali nilai rata-rata pada siklus I 45,56 meningkat menjadi 72,22. Nilai rata-rata tes pada siklus I sebesar 69,33 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,22. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...