Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 27 MEDAN

Nanda Dwi Astri (Universitas Prima Indonesia)
Santa Putri Nataline (Universitas Prima Indonesia)
Haldaria Pasaribu (Universitas Prima Indonesia)
Bambang Nur Alamsyah Lubis (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 27 Medan, mendeskripsikan problematika guru dan peserta didik dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 27 Medan, serta mendeskripsikan solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 27 Medan. Metode deskriptif kualitatif digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam wawancara yang telah dilaksanakan oleh peneliti, terdapat problematika yang dialami oleh guru dan siswa yaitu terbatasnya pemahaman guru Bahasa Indonesia terhadap implementasi Kurikulum Merdeka, kendala dalam membuat modul ajar atau perencanaan pembelajaran dan sarana prasarana kurang memadai yang mengakibatkan proses pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 27 Medan kurang maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 27 Medan sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sejak tahun 2021 sampai tahun 2024 sesuai keputusan dan pengesahan yang sudah disahkan oleh Pemerintah. Namun dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka masih terdapat beberapa problematik, pihak sekolah dan tenaga pendidik terutama guru mata pelajaran Bahasa Indonesia berusaha agar pelaksanaan Kurikulum Merdeka berlangsung sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika implementasi Kurikulum Merdeka yaitu: menggunakan pendekatan diferensiasi, mengikuti pelatihan, sosialisasi, workshop, memahami pedoman yang jelas dalam pengembangan Kurikulum Merdeka, meningkatkan kreativitas guru dan peserta didik dan mengoptimalkan sumber daya yang ada seperti melengkapi sarana dan prasarana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...