Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARANPENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SDN 30 PONTIANAK UTARA

Yati Rivani (Universitas Tanjungpura)
Siti Halidjah (Universitas Tanjungpura)
Rio Pranata (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 30 Pontianak Utara pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Eksperimen, format studi desain kuasi eksperimental, dan desain eksperimental dengan menggunakan non-equivalent control group design. Populasi penelitian yaitu adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 30 Pontianak Utara. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas IV A (24 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B (24 siswa) sebagai kelas kontrol . Data dihimpun berupa hasil belajar siswa dikedua kelas yang diberikan secara langsung oleh siswa. pendekatan yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik pengukuran melalui instrumen pengumpulan data berbentuk soal tes pilihan ganda. Selain itu uji-t akan digunakan untuk melakukan analisis. Adapun hasil analisis, (thitung 4,063) > (ttabel 1,678), hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak. Berasarkan hal tersebut terdapat perbedaan hasil belajar siswa di berikan media pembelajaran puzzle saat diajarkan dan tidak menggunakan media puzzle saat diajarkan. Dari perbedaan ini lalu kemudian dilakukan uji menggunakan effect size, diperoleh ES sebesar 1,17 dengan kriteria sangat tinggi. Pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri 30 Pontianak Utara, media pembelajaran puzzle mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...