Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam upaya meningkatkan keterampilan membaca dasar pada siswa kelas I SD Terpadu Islam. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dan pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis melakukan wawancara dengan berbagai narasumber, antara lain guru SD Al-Qiswah Sekolah Dasar Islam Terpadu dan siswa kelas I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai penyelenggara, mediator, fasilitator, guru, pembimbing, motivasi, dan evaluator berperan penting dalam meningkatkan kemampuan membaca dasar siswa kelas I SD Islam Terpadu Al-Qiswah. Ada juga faktor pendukung bagi guru dalam upaya mengembangkan keterampilan membaca dasar siswa kelas I SD Islam Terpadu Al-Qiswah, seperti sarana, prasarana, keluarga, dan guru yang sering membiasakan siswa dengan kegiatan literasi membaca sebelum memulai. belajar setiap pagi, serta faktor penghambat yang dihadapi guru dalam upaya meningkatkan keterampilan. Bacaan dasar bagi siswa kelas I SD Al-Qiswah Terpadu Islam yaitu keluarga, siswa, dan lingkungan
Copyrights © 2021