Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 5, No 2 (2023): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)

PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN PANCORAN 07 PAGI TAHUN AJARAN 2023-2024

Azizah Hana Aulia (Universitas Trilogi)
Robiatul Munajah (Universitas Trilogi)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Menguasai keempat aspek bahasa (mendengar, berbicara, membaca, dan menulis) sangat penting untuk keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini ialah mengidentifikasikan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV A sebelum, saat, dan setelah penerapan media berbasis audio visual di SDN Pancoran 07 Pagi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model yang digunakan ialah Kemmis dan Taggart. Penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi memperlihatkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil menulis teks deskripsi pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata keterampilan menulis teks deskripsi telah meningkat sebesar 11,17 dari kondisi awal yaitu 69,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,67.Kata Kunci: keterampilan menulis, teks deskripsi, media audio visual

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...