Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 10 No. 1 (2024)

Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VIII MTs

Ayuni Ifadah (Universitas Negeri Malang)
Dawud Dawud (Universitas Negeri Malang)
Sumadi Sumadi (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan pengaruh metode CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman dan menulis teks cerita pendek kelas VIII MTsN Trate 1. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan rancangan (quasi experimental) dengan desain pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan metode CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman meliputi indikator kemampuan mengidentifikasi literal, mereorganisasi, menginferensial, mengevaluasi, dan mengapresiasi. Serta terdapat pengaruh pada penggunaan metode CIRC terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek meliputi indikator menulis ide cerita teks cerita pendek dan menulis struktur cerita pendek.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...