Jurnal Bioedukasi
Vol 6, No 2 (2023): EDISI OKTOBER 2023

Analisis Beban Kognitif Peserta Didik Kelas XI Pasca Pandemi Covid-19 Pada Materi Sistem Indera Tahun Ajaran 2022/2023

Neng Ayu Mustika Safari (Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Siliwangi)
Suharsono Suharsono (Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Siliwangi)
Vita Meylani (Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2024

Abstract

Setiap peserta didik mempunyai kapasitas memori kerja yang berbeda. Banyaknya kegiatan dan kompleksitas materi menyebabkan berlebihnya kapasitas memori kerja peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban kognitif peserta didik pasca pandemi covid-19 pada materi sistem indera. Penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 35 peserta didik kelas XI MIPA 8 di SMAN 1 Singaparna. Instrumen yang digunakan yaitu soal uraian, angket dan soal pilihan majemuk. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada Intrinsic Cognitive Load (menerima dan mengolah informasi) dengan nilai rata-rata 56,8 dengan kategori sedang. Kemudian Extranous Cognitive Load (usaha mental saat pembelajaran berlangsung) diperoleh nilai rata-rata 6,1 termasuk kategori sedang. Kemudian Germane Cognitive Load (pemahaman setelah seluruh materi sistem indera tersampaikan) diperoleh nilai rata-rata 54,7 termasuk kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pasca pandemi covid-19 membuat peserta didik cukup terbebani, hal tersebut disebabkan perhatian peserta didik yang terbagi, ingatan peserta didik yang menurun, bahasa ilmiah sulit dicerna, penjelasan guru yang kurang jelas dan bahasa yang digunakan cenderung cepat, media ditampilkan kurang jelas dan hanya menggunakan gambar 2D saja. Kemudian peserta didik masih beradaptasi baik dari peserta didik lain, guru, dan materi pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Bioedukasi diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Khairun. Jurnal ini memuat hasil penelitian ataupun kajian yang berkaitan dengan masalah dalam Pendidikan Biologi dan Biologi Sains yang diterbitkan dua kali dalam setahun (April dan ...