Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud
Volume 3, No. 2, Desember 2023, Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP)

Peningkatan Kemampuan Pengenalan Huruf pada Anak Melalui Permainan Fishing Alfabet

Ratu Iqlima Ghasanni (PGPAUD, Univeritas Islam Bandung)
Erhamwilda (PGPAUD, Universitas Islam Bandung)
Khambali (PGPAUD, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2023

Abstract

Abstract. Based on the results of the researchers' observations that in Kindergarten X the ability to recognize letters in group A children had not developed as expected, it was found that as many as eight out of 17 children were still low in letter recognition. This study aims to determine the increase in children's letter recognition skills through the fishing alphabet game. The method used is collaborative classroom action research and the approach used is descriptive qualitative. Data collection techniques in this study were through observation, interviews and documentation. The ability to recognize children's letters has increased in this study and was successful after carrying out corrective actions in three cycles with two meetings. In the first cycle of activities to get to know letters through fishing games for children as many as eight children still have not developed as expected. In cycle II it increased to as many as four people who were still not developing as expected and in cycle III it increased to all having developed as expected and there were several children who developed very well. Based on the results of this study, fishing game activities can be used as a learning activity that can help improve children's letter recognition skills. Abstrak. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti bahwa di TK X dalam kemampuan mengenal huruf anak kelompok A belum berkembang sesuai harapan, ditemukan sebanyak delapan dari 17 orang anak masih rendah dalam pengenalan huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pengenalan huruf anak melalui permainan Fishing Alfabet. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas kolaboratif dan pendekatan yang digunakan yaitu dengan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemampuan pengenalan huruf anak mengalami peningkatan di dalam penelitian ini dapat berhasil setelah melakukan perbaikan tindakan dalam tiga siklus dengan dua pertemuan. Pada siklus I kegiatan mengenal huruf melalui permainan memancing anak sebanyak delapan anak masih belum berkembang sesuai harapan. Pada siklus II meningkat menjadi sebanyak empat orang yang masih belum berkembang sesuai harapan dan pada siklus III meningkat menjadi semua telah berkembang sesuai harapan dan terdapat beberapa anak berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, kegiatan permainan memancing dapat digunakan sebagai salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pengenalan huruf anak.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRPGP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review (direview secara tertutup) yang mempublikasikan kajian hasil riset dan teoritik terhadap isu empirik dalam sub kajian Pendidikan Anak Usia Dini. JRPGP ini dipublikasikan pertamanya 2021 ...