Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika
Vol 13, No 1 (2024): Maret

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 KOTA PAYAKUMBUH

Amelia Az’zahra (Universitas Negeri Padang ))
Yulyanti Harisman (Universitas Negeri Padang ))



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini menguji apakah siswa yang belajar memakai model Think Talk Write (TTW) memiliki kemampuan komunikasi yang lebih kuat daripada belajar secara konvensional. Penelitian memakai metode Quasi Eksperimen dengan desain Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI MAN 1 Kota Payakumbuh tahun ajaran 2023/2024. Tes akhir dan kuis menilai kemampuan komunikasi matematis. Nilai P-value sebesar 0,004 dengan tingkat nyata 0,005 menolak H0 dalam pengujian hipotesis. Hal ini membuktikan siswa yang belajar dengan TTW memiliki kemampuan yang lebih unggul. Oleh karena itu, pembelajaran dengan TTW berpengaruh terhadap kemampuan tersebut.Kata Kunci– Think Talk Write,  Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pmat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational ...