Indonesian Journal of Elementary School
Vol 3, No 1 (2023): Mei 2023

PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA TEMA 2 SUBTEMA 2 UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SDIT YAMMBA

Muhammad Alfan Habibi (Universitas PGRI Semarang)
Asep Ardiyanto (Universitas PGRI Semarang)
Eka Sari Setyaningsih (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara pada tema 2 subtema 2 untuk peserta didik kelas III SDIT Yammba. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design.Teknik pengumpulan  data pada penelitian  ini  melalui instrumen tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Teknik  analisis  data  menggunakan paired sampel t test dengan dengan taraf siginifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji paired sampel T-test diperoleh  nilai sig sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara pada tema 2 subtema 2 untuk peserta didik kelas III SDIT Yammba. Berdasarkan   hasil penelitian yang  diperoleh peneliti menyampaikan  saran  bahwa  model pembelajaran role playing dapat dijadikan alternatif disekolah untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...