Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Analisis Terhadap Implementasi dan Pengembangan Sumber Belajar IPS Masa Transisi K13 Ke Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama

Hartutik (Universitas Pendidikan Indonesia)
Aim Abdulkarim (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penerapan kurikulum di suatu sekolah turut mempengaruhi bagaimana guru dalam mengimplementasikan dan mengembangkan sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa. Muncul problematika implementasi dan pengembangan sumber belajar di SMP Kartika XIX-2 Kota Bandung oleh adanya dualisme kurikulum yang berlaku. Tujuan penelitian ini memberikan gambaran secara komprehensif mengenai implementasi dan pengembangan sumber belajar IPS; identifikasi terhadap permasalahan implementasi dan pengembangan sumber belajar IPS dan faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan implementasi dan pengembangan sumber belajar antara kelas yang menggunakan K13 dan kurikulum merdeka, perbedaan tersebut nampak antara kelas VII dengan kelas VIII dan kelas IX. Selain dari segi kurikulum permasalahan dan faktor penyebab cukup beragam baik dari guru, siswa, sekolah, lingkungan, stakeholder dan pemangku kebijakan lain. Penelitian ini merupakan bahan evaluasi yang dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk memperbaiki implementasi dan pengembangan sumber belajar IPS kususnya dalam masa transisi K13 ke kurikulum merdeka. Penelitian berikutnya diharapkan dapat lebih berfokus pada pengembangan sumber belajar untuk kurikulum merdeka terutama dalam bentuk digital sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...