Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Penerapan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar MYOB Siswa Akuntansi di SMK Negeri 6 Surakarta

Rizal Fathurrizqy (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Titik Ulfatun (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2024

Abstract

Dengan mengimplementasikan pendekatan Problem-Based Learning (PBL), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aplikasi MYOB pada peserta didik kelas XI Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) di SMK Negeri 6 Surakarta. Metode penelitian yang diterapkan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak dua siklus untuk penelitian saat ini. Ada empat Langkah dalam setiap siklus Langkah yang pertama perencanaan kedua Tindakan ketiga observasi dan yang keempat refleksi. 36 peserta didik kelas XI Akuntansi 2 dijadikan sebagai subjek penelitian. Guru dan siswa menjadi sumber data, dengan menggunakan beberapa metode pengumpulan data seperti pertanyaan pre-test dan post-test, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis indikator prestasi belajar, terdapat peningkatan yang signifikan dari siklus pertama ke siklus berikutnya. Evaluasi berdasarkan Kriteria Capaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) MYOB menunjukkan bahwa pada pra siklus, hanya 7 peserta didik (19%) yang mencapai KKTP. Pada Siklus yang pertama, jumlah peserta didik yang mencapai KKTP meningkat menjadi 17 peserta didik (47%), dan untuk siklus kedua, seluruh 36 peserta didik (100%) berhasil mencapai KKTP. Berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem-Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar MYOB bagi siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 6 Surakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...