Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Analisis Strategi Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar

Shafira Salsabila Gunadi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nurdinah Hanifah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rana Gustian Nugraha (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Pembentukan karakter menjadi suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih khususnya pada era globalisasi ini. Mengingat banyaknya kasus mengenai kurangnya moralitas yang terjadi khususnya pada usia dini. Berdasarkan fungsi dan tujuan, perubahan kurikulum sendiri dianggap sebagai suatu kunci dari terciptanya keberhasilan Pendidikan agar peserta didik mampu menghadapi perubahan salah satunya mengenai pendidikan karakter dengan adanya penerapan Profil Pelajar Pancasila . Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti berkeinginan untuk menganalisis bagaimana strategi penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam penguatan karakter peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain yang digunakan adalah desain studi kasus. Partisipan atau subjek pada penelitian ini ialah Guru kelas I, II, IV, dan V yang berjumlah 4 orang. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang tepatnya di SD Negeri Tegalkalong. Berdasarkan hasil penelitian ini (1) Strategi yang diterapkan ialah strategi diferensiasi. (2) Dengan adanya pembelajaran ini memberikan perubahan dalam perkembangan karakteristik peserta didik dan memunculkan karakter Profil Pelajar Pancasila (3) hambatan dalam penerapannya diantaranya dapat muncul dari peserta didik bahkan guru sekalipun. Hambatan yang muncul diantaranya kesulitan memunculkan karakter bernalar kritis pada peserta didik, kesulitan dalam menentukan alokasi waktu, kesulitan dalam melaksanakan evaluasi dan asesmen dan pembuatan modul ajar. Beberapa upaya yang dapat mengatasi kendala pada pembelajaran P5 ini seperti mengikuti pelatihan mengenai implementasi kurikulum merdeka terkhusus P5 agar lebih mengetahui dan mendapat pemahaman lebih, merancang pembelajaran yang dapat memunculkan dimensi yang dituju dengan menarik dan memotivasi peserta didik, memberikan penjelasan dan pemahaman yang lebih mudah dipahami mengenai pembelajaran P5 ini kepada peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...