Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Evaluasi Program Pendidikan Karakter pada Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar dengan Model CIPP

Agus Salim (Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar)
Sitti Mania (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Muhammad Nur Akbar Rasyid (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan karakter di PIP Makassar. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Alat observasi yang digunakan berupa catatan lapangan dan wawancara dengan taruna dan tenaga pengajar. Sumber data melibatkan 64 taruna aktif dan dosen yang mengajar di PIP Makassar sebanyak 31 dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui analisis konteks, penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan penerimaan komunitas terhadap kebutuhan program pendidikan karakter tinggi. Dalam penelitian ini, fokus pada input menghasilkan pemahaman mendalam tentang ketersediaan dan kualitas sumber daya, termasuk sumber daya pengajar dan sarana pembelajaran. Proses pelaksanaan program pendidikan karakter dinilai berhasil. Peserta didik menunjukkan partisipasi yang tinggi dalam kegiatan, dan kualitas implementasi sesuai dengan rencana. Evaluasi produk mencakup pencapaian peserta didik dalam hal pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman nilai-nilai karakter, perubahan sikap positif, dan pengembangan keterampilan interpersonal. Sebagai rekomendasi perencanaan dan pengembangan kurikulum yang lebih terintegrasi, pelatihan staf pengajar yang berfokus pada integrasi nilai-nilai karakter, dan upaya meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pengambilan keputusan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...