Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 3 No. 1 (2024): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial

Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Articulate Storyline Dengan Topik Gerak Lurus

Jovan Adiyatma (Universitas Negeri Yogyakarta)
Tsania Nur Diyana (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

a Penelitian pengembangan media articulate storyline topik gerak lurus bertujuan mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis Articulate Storyline adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar aspek kognitif dan keterampilan pada proses pembelajaran fisika berbeda  dengan kemampuan awal siswa melalui pembelajaran terbimbing melalui pemodelan/aplikasi berbasis web atau aplikasi .Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implement and Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik persentase lembar validasi ahli media dan ahli materi. Uji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi gerak lurus diperoleh hasil 82 persen. Respon siswa terhadap media pembelajaran mendapat hasil 85 persen dengan kriteria sangat positif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline sangat layak digunakan sebagai media belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial menerbitkan artikel ilmiah pendidikan dan ilmu sosial berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 4 kali setiap tahun pada bulan Januari, Maret, Juli, dan ...