Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia
Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia. Mei 2020

KESIAPAN DAN KETERSERAPAN LULUSAN PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UPI DI DUNIA KERJA

Neti Budiwati (UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA)
Kinanti Geminastiti Hilmiatussadiah (UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA)
Fazar Nuriansyah (UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA)



Article Info

Publish Date
20 May 2020

Abstract

Prodi Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu Prodi tertua di UPI yang secara filosofis UPI sebagai lembaga pendidikan guru memiliki misi  utama yaitu mendidik calon calon guru dan tenaga kependidikan yang diperlukan dalam membangun pendidikan nasional Indonesia. Permasalahan mendasar yang dihadapi Prodi Pendidikan UPI tentu seiring dangan permasalahan di tinngkat universitas memerlukan kajian. Sejalan dengan perkembangan statuta UPI, Prodi Pendidikan Ekonomi perlu bebenah diri dalam melahirkan lulusan-lulusan yang siap pakai dan dapat terserap di dunia kerja, yaitu dengan siap menyenggarakan layanan pendidikan bagi mahasiswa secara profesional. Dengan profil lulusan utamanya guru ekonomi di sekolah menengah, dan profil tambahan sebagai asisten peneliti dan wirausahawan di bidang pendidikan ekonomi, Prodi Pendidikan Ekonomi perlu melakukan tracer study sehingga memiliki gambaran bagaimana respon dunia kerja terhadap para lulusan prodi. Sebagai salah satu program studi yang telah mapan yang terakdreditasi BAN PT dengan kualifikasi sangat baik (A), sangat wajar jika lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi memiliki daya saing unggul di dunia kerja. Hal ini tampak dari hasil observasi kinerja lulusan yang mengajar di sekolah baik di SMP, SMA maupun SMK, rata-rata memiliki nilai kinerja yang sangat baik. Keberhasilan lulusan didunia kerja juga terlihat dari hasil tracer study terhadap kepuasan pengguna lulusan, yang menilai baik terhadap kinerja lulusan. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPEI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Manuscripts for JPEI should fall within one of the following categories, Research in economics and education, Economic content, Economic instruction, Innovations in pedagogy, hardware, materials, and methods for treating traditional and newer subjects. Reports on the status and events that influence ...