Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia
Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia. Oktober 2019

PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN ROUND TABLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Nisia Putri Rahayu (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Dahlan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Leni Permana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, penelitian ini menggunakan tiga  kelas. Pada setiap pertemuan di setiap kelasnya diberikan perlakuan yang berbeda menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik think pair share dan round table serta metode ceramah sebagai variabel kontrol. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen ), dengan subjek terdiri dari tiga kelas yaitu kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan dalam bentuk soal pilihan ganda. Pengolahan data dilakukan dengan uji mann-whitney u menggunakan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas XI IPS1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 yang menggunakan model yang berbeda pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik think pair share dan round table. Dari penelitian tersebut dinyatakan bahwa  model pembelajaran kooperatif teknik think pair share dan round table lebih sesuai diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa daripada metode ceramah. Sehingga model pembelajaran kooperatif teknik think pair share dan round table dinyatakan efektif dan dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi standar kompetensi memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPEI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Manuscripts for JPEI should fall within one of the following categories, Research in economics and education, Economic content, Economic instruction, Innovations in pedagogy, hardware, materials, and methods for treating traditional and newer subjects. Reports on the status and events that influence ...