Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 9, No 3 (2023): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Faktor-faktor yang mempengaruhi e-loyalty pelanggan pada e-commerce di Kota Padang Sumatera Barat

Vicky Brama Kumbara (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Nandan Limakrisna (Universitas Persada Indonesia Y.A.I)
Yulasmi Yulasmi (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi e-loyalty pelanggan pada e-commerce di Kota Padang dengan menggunakan variable e-service quality, brand image, preferensi konsumen, e-trust konsumen, dan I konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Tokopedia dan sampel yang digunakan adalah pengguna Tokopedia yang sudah berbelanja lebih dari satu kali dengan jumlah 224 responden. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online dan pengolahan data dilakukan menggunakan software SmartPLS versi 3.2. Hasil pengujian dalam penelitian ini adalah e-service quality dan brand image berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen dan e-trust. E-service quality dan preferensi konsumen berpengaruh signifikan terhadap e-loyalty. Sedangkan brand image dan e-trust tidak berpengaruh terhadap e-loyalty. Preferensi konsumen mampu memediasi e-service quality maupun brand image terhadap e-loyalty, sedangkan e-trust tidak mampu memediasi e-service quality dan brand image terhadap e-loyalty. o-hansi-font-family:Calibri; mso-ansi-language:EN-US;}div.WordSection1 {page:WordSection1;}

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...