Selama satu dekade terakhir, peningkatan kinerja guru meliputiberbagai konteks. Peningkatan kinerja guru perlu dikelola dengan baik melalui motivasi kepala sekolah sebagai pembina. Kinerja guru tidak hanya ditingkatkan oleh hasil kerja, tetapi juga ditingkatkan oleh tugas-tugas pekerjaan. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja dan sikap guru tentang profesi guru.Tuntutan terhadap peningkatan kinerja pendidik atau guru di TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) Cabang Kota Jayapura, Papua menunjukkan sebagai tuntutan yang nyata. Hal ini mengingat adanya beberapa indikasi perlunya peningkatan kualitas disegala bidang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pada beban kerja, lingkungan kerja, terhadap kinerja karyawan, dan motivasi sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan pada seluruh Tenaga Pendidik Tingkat TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) Cabang Kota Jayapura, Papua yang berjumalah 354 tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang berupa explanatory research atau penelitian penjelasan. Teknik analisis data menggunakan PartialLeastSquare (PLS).Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruhsignifikan terhadap motivasi kerja. Variabel lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja dan motivasi kerja. Variabel motivasi kerja berpengaruh yang signifikan beban kerja terhadap kinerja. Motivasi kerja mampu memediasi pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga pendidik.
Copyrights © 2022