Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 8, No 4 (2022): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Kerangka pardigmatik psikologi spiritual

Sri Haryanto (Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Adanya kebuntuan telaah psikologi modern dalam memaknai manusia sehingga perlu adanya paradigma baru dalam discursus psikologi untuk melengkapi telaah-telaah psikologi sebelumnya. Sebuah paradigma psikologi yang obyek kajiannya tidak hanya seputar psiko-fisik, psiko-kognitif dan psiko-humanistik manusia, tetapi juga dimensi spritual (ruhaniah) manusia luhur dan bersifat ilahiah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif dengan menggunakan tiga pendekatan library study, grounded theory dan hermeuneutic, dan untuk menganalisis data maka peneliti menggunakan metodedeskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah Paradigma ini secara khusus menaruh perhatian kepada studi tentang apa, siapa dan bagaimana manusia secara holistik dan integralistik, dengan memadukan telaah al-Qur’an dan psikologi transpersonal tentang manusia. Psikologi spiritual mencoba menggali dimensi-dimensi spritual manusia (fitrah dan ruh) sebagai anugrah Ilahiah yang telah ada sejak awal penciptaan manusia. Dimensi-dimensi inilah yang selama ini tidak dipelajari secara sistematis oleh teori-teori psikologi modern. Dengan demikian spektrum kajian psikologi spiritual tidak terbatas hanya psiko-fisik, psiko-kognitif, dan psiko-humanistik saja, namun juga psiko-spiritual dan psiko-religious.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...