Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 2s (2023): Special Isuee

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS X IPS 1 SMAN 7 LUWU TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Shanti Umar (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
Iwan Kandori (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
Dolly Watania (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

ABSTRAK “Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas X IPS SMAN 1 LUWU Tahun 2022-2023 ”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 7 Luwu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas tersebut dilakukan dalam tiga siklus penelitian. Peningkatan tersebut tidak terlepas dari upaya guru memberi respon, mengembangkan kreatifitas, mencermati kesalahan yang kerap dilakukan peserta didik, membiasakan secara tetap, serta memberikan berbagai arahan . Kata Kunci : Minat Belajar, Problem Based Learning ABSTRACT "Increasing Students' Interest in Learning in Economics Subjects Through the Problem Based Learning (PBL) Method in Class X IPS SMAN 1 LUWU 2022-2023". This type of research is classroom action research. This research was conducted in 4 stages, namely the planning stage, action implementation stage, observation stage, and reflection stage. The research subjects were students of class X IPS 1 SMA Negeri 7 Luwu. The approach used in this research is a qualitative approach, while the research design used is classroom action research. The classroom action research design was carried out in three research cycles. This improvement cannot be separated from the teacher's efforts to respond, develop creativity, pay attention to mistakes that students often make, get used to it regularly, and provide various directions. Keywords: Interest in Learning, Problem Based Learning

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...