Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 1s (2023): Special Isuee

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI EKONOMI KREATIF DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS IX B SMP NEGERI 23 HALMAHERA UTARA

Wilson Wekes Wekes (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
Jerry Wuisang (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
cleimen Gerungan (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan hasil belajar yang dapat dilakukan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX B SMP Negeri 23 Kabupaten Halmahera Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Subjek penelitian adalah peserta didik yang berjumlah 28 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian siklus I diperoleh peserta didik yang tuntas secara individu sebanyak 23 orang, dengan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Sedangkan hasil penelitian II mengalami peningkatan ketuntasan secara individu sebanyak 28 orang dengan presentasi ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX B SMP Negeri 23 Kabupaten Halmahera Utara. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar Peserta didik ABSTRACT The learning model is one means of improving learning outcomes that can be carried out by teachers. The aim of this research is to improve the learning outcomes of class IX B students at SMP Negeri 23 North Halmahera Regency for the 2022/2023 academic year using the Project Based Learning learning model. The research subjects were 28 students, the research data sources were obtained from qualitative data in the form of data from observations of teacher and student activities as well as quantitative data in the form of test data on student learning outcomes. The results of the first cycle of research obtained that 23 students completed individually, with classical completion of 85%. Meanwhile, the results of research II showed an increase in individual completion by 28 people with a completeness presentation of 100%. Based on the results of this research, learning using the Project Based Learning learning model can improve the learning outcomes of class IX B students at SMP Negeri 23 North Halmahera Regency. Keywords: Project Based Learning, Student Learning Outcomes

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...