Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 5 No. 1s (2024): Special Isuee

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGERTIAN EKONOMI MENURUT PARA AHLI KELAS IX SMP NURUL IHSAN TOLITOLI

Anita Kusuma Dewi (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
Jerry Wuisang (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran Project Based Learning hasil belajar siswa pada materi pengertian ekonomi menurut para ahli pada kelas IX SMP Nurul Ihsan Tolitoli. Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk menjelaskan pengaruh model terhadap hasil belajar siswa pada materi pengertian ekonomi menurut para ahli di kelas IX SMP Nurul Ihsan Tolitoli. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya adalah siswa-siswi kelas IX SMP Nurul Ihsan Tolitoli yang aktif pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023-2024 dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi proses yang berkaitan dengan pelaksanaan perbaikan berdasarkan model pembelajaran Project Based Learning aktifitas guru pada siklus 1 pertemuan 1 dan 2 adalah 45% dan 55% dengan data hasil belajar siswa 42% dan 58%. Sedangkan pada siklus 2 terlihat peningkatan yang signifikan pada observasi guru pertemuan 1 dan 2 adalah 70% dan 85%, sedangkan hasil belajar siswa meningkat menjadi 83% dan 88% dengan nilai rata mencapai 78,8. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa ABSTRACT The formulation of the problem in this research is "Is the application of the Project Based Learning learning model student learning outcomes in economic understanding material according to experts in class IX of Nurul Ihsan Tolitoli Middle School. The general aim of this research is to explain the influence of the model on student learning outcomes in economic understanding material according to experts in class IX of Nurul Ihsan Tolitoli Middle School. The type of research is classroom action research with the research subjects being class IX students at Nurul Ihsan Tolitoli Middle School who are active in the odd semester of the 2023-2024 academic year with a total of 22 students consisting of 11 male students and 11 female students. This research was conducted in 2 cycles. The results of the research show that in terms of processes related to implementing improvements based on the Project Based Learning learning model, teacher activity in cycle 1, meetings 1 and 2 was 45% and 55% with student learning outcomes data being 42% and 58%. Meanwhile, in cycle 2, there was a significant increase in teacher observations at meetings 1 and 2, namely 70% and 85%, while student learning outcomes increased to 83% and 88% with an average score of 78.8. Keywords: Project Based Learning Model, Student Learning Outcomes

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...