Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 5 No. 1s (2024): Special Isuee

PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG MATERI KEBUTUHAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 3 DONDO

. Asdir (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
Agnes Rooroh (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
Ferry Slat (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini berjudul: “Peningkatan Hasil Belajar tentang Materi kebutuhan manusia dengan Menggunakan Model Problem Based Learning ( PBL) Peserta didik Kelas VII SMPN 3 Dondo”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar kebutuhan manusia dengan Menggunakan Model Problem Based Learning ( PBL) Peserta didik Kelas VII SMPN 3 Dondo Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Model Problem Based Learning ( PBL ) dapat Meningkatkan Hasil Belajar kebutuhan manusia dengan Menggunakan Model Problem Based Learning ( PBL) Peserta didik Kelas VII SMPN 3 Dondo Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan Problem Based Learning ( PBL ) untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Pembelajaran pada model Problem Based Learning ( PBL ) yang lebih menarik dan bervariasi. Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, SMPN 3 Dondo Abstract This research is entitled: "Improving Learning Outcomes regarding Human Needs Material Using the Problem Based Learning (PBL) Model for Class VII Students of SMPN 3 Dondo". The aim of this research is to improve learning outcomes for human needs by using the Problem Based Learning (PBL) model for Class VII students at SMPN 3 Dondo. The method used in this research is action research, which consists of 2 (two) cycles, and each The cycle consists of: Planning, Implementation, Observation, and reflection. Based on the results of action research, the Problem Based Learning (PBL) model can improve learning outcomes for human needs by using the Problem Based Learning (PBL) model for Class VII students at SMPN 3 Dondo Furthermore, the researcher recommends: (1) Teachers who experience the same difficulties can apply Problem Based Learning (PBL) to improve learning outcomes. (2) In order to get maximum results, teachers are expected to make learning using the Problem Based Learning (PBL) model more interesting and varied. Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning, SMPN 3 Dondo

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...