Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 5 No. 1s (2024): Special Isuee

STRATEGI PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENDEKATAN EXPERIENTAL DAN COLLABORATIVE LEARNING

Daniel Suoth (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
Jerry Wuisang (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk merumuskan secara konseptual rancangan prosedur pembelajaran mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan menggunakan pendekatan experiental dan collaborative learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur menggunakan berbagai sumber seperti artikel, jurnal, dan dokumen lain yang relevan. Penelitian ini menganalis secara konseptual berdasarkan literatur terkait. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan experiental dan collaborative learning dapat dilakukan di kelas agar peserta didik mendapatkan pengalaman nyata, mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, serta belajar untuk bekerja secara tim dan mengembangkan kemampuan komunikasi dan sosial. langkah pembelajaran mapel PKK dengan mengintegrasikan pendekatan experiental dan collaboration learning adalah: 1) Penyampaian tugas, 2) Pengalaman konkret/concrete experience (CE), 3) Waktu diskusi, 4) Observasi reflektif/reflective observation (RO), 5) Konsepsi abstrak/ abstract conceptualization (AC), 6) Percobaan aktif/active experimentation (AE ),dan 7) Tanya jawab. Kata Kunci: collaborative learning, experiental learning, pembelajaran kewirausahaan ABSTRACT The aim of this research is to conceptually formulate a design for learning procedures for Creative Products and Entrepreneurship subjects using an experiential and collaborative learning approach. The research method used in this research is literature study using various sources such as articles, journals and other relevant documents. This research analyzes conceptually based on related literature. The findings of this research show that learning through an experiential and collaborative learning approach can be carried out in the classroom so that students gain real experience, develop knowledge and skills, and learn to work as a team and develop communication and social skills. PKK learning steps by integrating experiential and collaborative learning approaches are: 1) Submission of assignments, 2) Concrete experience (CE), 3) Discussion time, 4) Reflective observation (RO), 5) Abstract conception/ abstract conceptualization (AC), 6) Active experimentation (AE), and 7) Question and answer. Keywords: collaborative learning, experiential learning, entrepreneurial learning

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...