Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 5 No. 1s (2024): Special Isuee

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PELAJARAN TEMATIK SMP SATAP NEGERI TAMPEMADORO

Obet Nego Patampang (PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO)
Iwan Kandori (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan melakukan 3 siklus. Perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran tematik dengan langkah-langkah berikut. a) Menyiapkan pernagkat pembelajaran seperti RPP/ Modul dengan metode Problem Based Learning (PBL). b) Menyiapkan LKPD, soal evaluasi, dan media. Media yang digunakan adalah video pembelajaran untuk memperjelas materi organ pernapasan pada manusia. c) Selain itu peneliti menyiapkan instrument penelitian yaitu lembar observasi dan kuesioner sebagai pengukur motivasi belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran tematik dengan langkah-langkah sebagai berikut. a) Orientasi siswa terhadap masalah b) Mengorganisisasi siswa dalam belajar yaitu dengan meminta siswa untuk membaca teks bacaan. c) Penyajian Informasi yiatu siswa dapat menyajikan informasi dan mempersentasikan hasil diskusi secara berkelompok. d) Membimbing kegiatan Belajar Kelompok yaitu guru membimbing siswa dalam mengerjakan tugas kelompok. e) Mengevaluasi hasil belajar yaitu guru memberikan soal evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa dalam materi pelajaran yang telah dipelajari. Kata Kunci : Problem Based Learning, Motivasi Belajar Abstract This research aims to increase students' learning motivation by using a problem based learning model. This research uses a classroom action research approach by carrying out 3 cycles. Planning a Problem Based Learning (PBL) learning model to increase student learning motivation in thematic lessons with the following steps. a) Prepare learning tools such as lesson plans/modules using the Problem Based Learning (PBL) method. b) Prepare LKPD, evaluation questions and media. The media used is a learning video to explain the respiratory organs in humans. c) Apart from that, the researcher prepared research instruments, namely observation sheets and questionnaires as a measure of student learning motivation. Application of the Problem Based Learning (PBL) learning model in thematic learning with the following steps. a) Orienting students towards problems b) Organizing students in learning, namely by asking students to read reading texts. c) Presentation of Information, namely students can present information and present the results of discussions in groups. d) Guiding group learning activities, namely the teacher guides students in carrying out group assignments. e) Evaluating learning outcomes, namely the teacher provides evaluation questions to determine students' understanding of the subject matter that has been studied. Keywords: Problem Based Learning, Learning Motivation

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...