Kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa masih belum terlaksana secara optimal. Kemampuan berpikir kritis dapat di bangun dengan mengembangkan produk e-modul berbasis inquiry science issues. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan efisiensi e-modul berbasis inquiry science issues tema tanahku tercemar untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII. Manfaat penelitian ini yaitu bahan ajar e-modul ini dapat membantu guru dan siswa dalam kegiatan proses belajar serta menambah keterbatasan bahan ajar yang ada disekolah. Penelitian pengembangan ini dengan model Sugiono yang dibatasi sampai uji coba terbatas. Instrumen penelitian ini menggunakan angket validasi ahli dan respon siswa. Hasil validasi e-modul oleh ahli materi didapatkan persentase sebesar 86,9% (sangat valid), ahli media didapatkan persentase sebesar 91,08% (sangat valid) dan ahli praktisi didapatkan persentase sebesar 85,5% (sangat valid). Hasil tingkat efisiensi e-modul didapatkan persentase sebesar 86,9% (sangat efisien). Dengan demikian, e-modul berbasis inquiry science issues tema tanahku dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA di sekolah.
Copyrights © 2023