JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 4 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Kecerdasan Adversitas dan Rasa Ingin Tahu terhadap Penguasaan Konsep IPA (Survei pada SMP Negeri di Jakarta Barat)

Fachny Wardiani (Universitas Indraprasta PGRI)
Virgana Virgana (Universitas Indraprasta PGRI)
Rina Hidayati Pratiwi (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh langsung kecerdasan adversitas dan rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA siswa, pengaruh langsung kecerdasan adversitas terhadap rasa ingin tahu siswa dan pengaruh tidak langsung kecerdasan adversitas melalui rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA siswa SMPN di Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan sampel sebanyak 86 siswa. Analisis hipotesis statistik yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan adversitas terhadap penguasaan konsep IPA dengan thitung = 20,103 > ttabel = 1,989, terdapat pengaruh langsung yang signifikan rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA dengan thitung = 9,411 > ttabel = 1,989, terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan adversitas terhadap rasa ingin tahu dengan nilai thitung = 8,988 > ttabel = 1,989 dan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecerdasan adversitas melalui rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA dengan thitung = 3,858 > ttabel = 1,989. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan adversitas dan rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA, kecerdasan adversitas terhadap rasa ingin tahu dan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecerdasan adversitas melalui rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...