IDEA: Jurnal Seni Pertunjukan
Vol 17, No 1 (2023): Vol 17, No 1 (2023)

Strategi Pembelajaran Ekspositori dan Kontekstual Pada Kelas Tari Gelegar Nusantara di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta

Meidita Aulia Sihotang (Pendidikan Seni aPertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Agustina Ratri Probosini (Pendidikan Seni aPertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Ujang Nendra Pratama (Pendidikan Seni aPertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Tari Gelegar Nusantara pernah dibawakan oleh Kinanti Sekar di Kazakhstan dalam acara Misi Tari. Selama proses pembelajarannya menggunakan strategi ekspositori dan contextual teaching and learning (CTL). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran ekspositori dan kontekstual pada kelas tari Gelegar Nusantara di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran tari Gelegar Nusantara, sedangkan subjeknya yaitu pemilik sanggar, pelatih, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan strategi ekspositori membantu peserta didik untuk memahami materi yang dijelaskan secara verbal oleh pelatih. Penggunaan strategi kontekstual membantu peserta didik untuk memahami makna dari setiap motif geraknya, sehingga peserta didik dapat menarikan tarian Gelegar Nusantara dengan rasa.Kata kunci: Learning Strategies, Tari Gelegar Nusantara, Pembelajaran TariStrategy of Expository and Contextual Learning in the Class of Gelegar Nusantara Dance at Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta.Gelegar Nusantara dance was once performed by Kinanti Sekar in Kazakhstan in the Dance Mission event. During the learning process it uses expository and contextual teaching and learning (CTL) strategies. The purpose of this study is to describe the escrow and contextual learning strategies in the Gelegar Nusantara dance class at the Kinanti Sekar Art Studio in Yogyakarta. The type of research used is descriptive qualitative. The object of this study is the Gelegar Nusantara dance learning strategy, while the subjects are studio owners, trainers, and students. The data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The data validation techniques use triangulation methods. The data analysis used includes data reduction, data presentation, and verification. The understand the material verbally describe by the trainer. The use of contextual strategies helps students to understand the meaning of each motive of movement, so that students can dance the Gelegar Nusantara dance with feeling.Keywords: Learning Strategies, Gelegar Nusantara Dance, Dance Learning

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IDEA

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

IDEA draws its contributions from academics and practitioner-researchers at the interface of the performing arts. It acts as a forum for critical study, innovative practice, and creative pedagogy, addressing themes that may be domain-specific (e.g., dance, music, theatre, puppets, karawitan, ...