Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

Pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Rizki Kurniawan Rangkuti (Universitas Al Washliyah Labuhanbatu)
Raden Sri Ayu Ramadhana (Universitas Al Washliyah Labuhanbatu)
Hidayatul Mazidah Harahap (Universitas Islam Labuhanbatu)
Sangkot Idris Ritonga (Universitas Al Washliyah Labuhanbatu)
Leli Hasanah Lubis (STITA Labuhanbatu)
Dewi Risalah (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Talking Stick terhadap pemecahan masalah siswa di MTs Negeri 2 Labuhanbatu, baik dalam bentuk tertulis maupun non tes berupa lembar observasi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Labuhanbatu, sedangkan populasi eksperimennya adalah 60 siswa yang sampelnya terdiri dari 30 siswa kelas VII-A sebagai kelas dan Kelas VII-B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan waktu penelitian dari bulan Januari sampai dengan Juli 2020. Metode analisis yang digunakan adalah metode pengujian hipotesis. Hasil hipotesis parsial dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Negeri 2 Labuhanbatu. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung>ttabel yaitu 4,851>1,679 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII-A MTs Negeri 2 Labuhanbatu.

Copyrights © 2023