Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan model PO2E2W berbantuan media PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gas ideal. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang dilaksanakan di SMAN 1 Kejayan pada kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3 dengan jumlah siswa 108 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan desain one grup pre-test and post-test design dengan pengumpulan data melalui tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengukur respon siswa. Berdasarkan hasil penerapan model PO2E2W berbantuan media PhET diperoleh rata-rata N-Gain 0,73 dengan kategori tinggi dan rata-rata persentase respon siswa 72.11% dengan kategori baik. Jadi penerapan model PO2E2W berbantuan media PhET efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gas ideal.
Copyrights © 2024