Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai peningkatan kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV di SD Negeri Gondosuli 1 Kecamatan Muntilan melalui model pembelajaran Make a Match berbantuan media game bistik (bilangan stik). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gondosuli 1 yang berjumlah 18 siswa. Objek penelitiannya adalah kemampuan berhitung operasi perkalian dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media game bistik (bilangan stik). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan media game bistik (bilangan stik) dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian pada siswa kelas IV di SD Negeri Gondosuli 1 mengalami peningkatan dalam berbagai aspek, seperti nilai tertinggi yang tetap stabil pada setiap tahap, nilai terendah yang meningkat dari 40 menjadi sekitar 53 hingga akhirnya mencapai 60, nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dari 69 menjadi 73 dan kemudian 80. Selain itu, terjadi peningkatan presentase pencapaian KKM dari 11% menjadi 44% dan akhirnya mencapai 77%.
Copyrights © 2024