SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2013)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MODEL CORE

Puji Nurfauziah (Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia)
Bana G. Kartasasmita (Universitas Pasundan Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2013

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model CORE dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah pretes and postes control group design. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model CORE dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan koneksi matematis, skala self-efficacy, dan lembar observasi. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs. Assa’idiyyah Cipanas-Cianjur dengan sampel penelitian siswa kelas VII MTs. Assa’idiyyah Cipanas-Cianjur Propinsi Jawa Barat. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, yaitu terhadap data pretes dan postes kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy, sedangkan untuk mengetahui perbedaan peningkatan antara  kedua kelompok sampel menggunakan uji perbedaan rerata. Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan koneksi matematis siswa dan self-efficacy menggunakan uji korelasi Pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model CORE lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dengan kualifikasi peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model CORE tergolong ke dalam kualifikasi sedang. Hasil skala self-efficacy menunjukkan bahwa self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model CORE lebih baik daripada self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dengan kualifikasi peningkatan self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model CORE tergolong ke dalam kualifikasi sedang. Untuk hubungan  antara kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy  terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis siswa dan self-efficacy yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model CORE. Abstract: The effect this research is subject to be study distinctive mathematical connection ability step-up and self efficacy  student that get learning by use of model CORE and student that get learning with conventional learning. This observational design is pretest and postest control is design's group.  Experiment class get learning by use of model CORE  and conventional learning gaining control class. To get observational result data utilized by instrument as essays mathematical connection ability, scale self efficacy , and observation sheet. This observational population is MTs's student. Assa’ idiyyah Cipanas Cianjur with students observational sample braze VII MTs. Assa’ idiyyah Cipanas Cianjur West Java Province. Analysis is data was done by ala quantitative, which is to pretest's data and postest is mathematical connection ability and self efficacy, meanwhile to know the difference step-up among group second sample utilizes to test distinctive average. To know relationship among mathematical connection ability student and self efficacy utilizing correlation quiz Pearson product moment. Result observationaling to point out that mathematical connection ability step-up student which get learning by use of model CORE better than student that get conventional learning, with qualification mathematical connection ability step-up student which get learning with model CORE comes under into qualification be.  Scale result self efficacy  point out that self efficacy  student that get learning by use of model CORE better than self efficacy  student that get conventional learning, with qualification step-up self efficacy student that get learning with model CORE comes under into qualification be. For relationship among mathematical connection ability and self efficacy available correlation among mathematical connection ability student and self efficacy one that get learning by using model CORE.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...