Penelitian bertujuan menganalisis hasil dari persepsi mahasiswa dalam pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran matematika berdasarkan gender. Peneliatian yang dilakukan merupakan penelitian survey. Populasinya adalah mahasiswa di Universitas Islam Riau yang pernah belajar matematika dan pernah menggunakan media digital. Berdasarkan hasil sebaran angket diperoleh sampel sebanyak 151. Pengambilan sampel menggunakan sampel purposive atau sampel pertimbangan. Instrumennya adalah angket keterampilan Literasi Digital dalam Pembelajaran Matematika. Data-data dikumpulkan melalui google-form terdiri lima aspek yaitu literasi informasi, literasi komputer, literasi media, literasi visual dan komunikasi, literasi teknologi. Teknik analisis data dengan menganalisis setiap aspek dari keterampilan literasi digital berdasarkan gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital perempuan lebih tinggi dari laki-laki dalam pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran matemtika. Hasil analisis setiap aspek pada perempuan aspek literasi informasi, literasi komputer, literasi visual dan komunikasi lebih baik dari laki-laki.
Copyrights © 2020